Deretan 8 Pemain Liverpool Yang Raih Penghargaan Pemain Terbaik

Deretan 8 Pemain Liverpool Yang Raih Penghargaan Pemain Terbaik, PFA (Professional Footballers’ Association) adalah suatu organinasi sepakbola yang memberikan Penghargaan untuk Pemain Terbaik Setiap Tahunnya dalam sepakbola Liga Inggris. Dan dalam Penghargaan PFA periode musim 2018/2019 Lagi – lagi pemain asal Liverpool berhasil raih penghargaan yang sangat bergenggi di Liga Inggris tersebut.

Pada musim lalu yaitu tahun 2017/2018 PFA memberikan penghargaan kepada Mohamed Salah menjadi Pemain Terbaik Musim itu sejak kepindahannya dari As Roma ke club di Liga Inggris Liverpool, dan Musim ini tepat periode tahun 2018/2019 lagi-lagi pemain ​Liverpool di nobatkan sebagai Pemain Terbaik Tahunan yang di nilai melalui voting dan menjadi orang ke 45 yang mendapatkan penghargaan Pemain Terbaik dari PFA (Professional Footballers’ Association).

Penghargaan ini menjadi penghargaan beruntun yang di nobatkan kepada pemain Liverpool setelah Mohamed Salah yang pada musim lalu juga di nobatkan sebagai Pemain Terbaik Tahunan yang di pilih langsung oleh Professional Footballers’ Association (PFA).

Penghargaan Pemain Terbaik yang selenggarakan setiap tahunnya itu di menangkan oleh Virgil van Dijk tahun ini. Atas prestasi pemain yang di miliki Club Liverpool Fc tersebut  membuat kami ingin membahas sedikit tentang deretan pemain liverpool yang pernah mendapatkan penghargaan paling bergengsi tersebut Di Liga Inggris. Berikut Deretan 8 Pemain Liverpool Yang Pernah Meraih Penghargaan Pemain Terbaik Tahunan.

1. Terry McDermott Menjadi Pemain Terbaik Tahun 1979/1980

Pada Musim Liga Inggris Tahun 1979/1980 Terry McDermott yang merupakan pemain gelandang asal inggris yang saat itu tengah naik daun dan membantu pertahankan Gelar Liga Domestik ( First Divisoin ) untuk Liverpool lewat penampilan gemilangnya dengan mencetakkan 11 gol dari 37 penampilannya bersama Liverpool pada tahun 1979/1980.

Lewat penampilan gemilangnya, dirinya di nobatkan penghargaan Pemain Terbaik Oleh FWA yang merupakan Asosiasi Wartawan Sepak Bola Inggris yang selalu menggelar Penobatan Pemain Terbaik Tahunan untuk pemain terbaik setiap musimnya di Liga Premier Inggris.

Dirinya telah berhasil bersama Liverpool meriah 8 Trofi sejak bergabung di Liverpool yakni 3 Trofi Piala Eropa dan 5 Gelar Devisi Pertama Liga Inggris Saat itu.

2. Kenny Dalglish Menjadi Pemain Terbaik Tahun Di Tahun 1982/1983

Kenny Dalglish berhasil raih gelar FWA Award di Anfield pada musim ke-enamnya bersama Liverpool, dirinyaberhasil membawa Liverpool raih Trofi First Division dan juga League Cup dua musim secara beruntun.

dirinya berhasil catatkan 18 gol dari 42 laganya bersama Liverpool, mengikuti jejak McDermott dimana telah meraih penghargaan pemain terbaik dua musim sebelum dirinya.

3. Ian Rush Menjadi Pemain Terbaik Tahun 1983/1984

Ian Rush salah satu dari 8 pemain yang juga di tunjuk sebagai pemenang penghargaan pemain terbaik tahunan saat memperkuat Liverpool, Mantal pemain Timnas Wales tersebut berhasil tunjukkan kualitas terbaiknya dengan mencetak 32 gol dari 41 pertandingannya bersama Liverpool di liga Inggris pada musim 1983/1984 silam. Pada musim tersebut dirinya berhasil membawa Liverpool memenangkan treble dengan memborong 3 Trofi sekaligus yakni League Cup, First Division dan juga European Cup.

Atas penampilan gemilangnya dirinya langsung di nobatkan gelar Footballer of The Year sama seperti temannya Dalglish yang juga raih penghargaan tersebut, pada musim sebelumnya.

4. John Barnes Menjadi Pemain Terbaik Tahun 1987/1988

Kehadirannya bergabung bersama Liverpool ketika hengkang dari Watford pada bursa transfer musim panas dengan harga 900 ribu pounds, John Barnes langsung naik daun di musim perdananya. Pria kelahiran Jamaika tersebut berhasil catatkan 15 gol pada musim perdananya tersebut dan resmi menjadi pemain ke-empat Club Liverpool yang menyabet gelar Player of The Year.

Usai kariernya pensiun dari pemain sepakbola profesional, kini dirinya beralih profesi menjadi komentator dan juga menjadi pakar sepak bola ESPN salah satu media olahraga yang sangat besar di Amerika.

5. Steven Gerrard Menjadi Pemain Terbaik Tahun 2005/2006

Meski di masa Liverpool hanya mampu finis di peringkat ketiga klasemen Liga Inggris Premier waktu itu dan gagal mempertahankan trofi Liga Champions pada musim 2005/2006. Dan hanya mampu meraih gelar Piala FA Cup pada musim tersebut. Steven Gerrard resmi mendapat Penghargaan Pemain Terbaik Tahunan yang di nobatkan oleh PFA pada musim tersebut.

Keberhasilan Liverpool meraih gelar Piala FA Cup di musim 2005/2006 tidak lepas dari penampilan gemilang Steven Gerrard pada musim tersebut yang sedang gila mencetak gol. Dalam penampilannya sewaktu berkostum Liverpool Steven catatkan 23 gol dari 53 pertandingannya di seluruh kompetisi Liverpool. Lewat penampilan apiknya steven gerrard di nobat sebagai pemain terbaik tahunan oleh PFA di musim 2005/2006

Dan dirinya akhiri kariernya sebagai pemain sepakbola internasional di usia 36 usai bermain selama 18 tahun, ia memilih gantung sepatu di akhir kontraknya habis bersama Club LA Galaxy yang merupakan sepak bola Liga Amerika ( Major League Soccer ) MLS. Dan saat ini Steven Gerrard yang memiliki nama lengkap Steven George Gerrard MBE ( MBE adalah suatu gelar/ordo ksatria dari kerajaan Britania Raya) kini telah menjadi manajer klub asal Skotlandia, Rangers.

6. Luis Suarez Menjadi Pemain Terbaik Tahun 2013/2014

Penyerang Luis Suarez yang saat ini berkostum Barcelona pernah terpilih sebagai Pemain Terbaik oleh (PFA) Asosiasi Pesepak Bola Profesional di Liga Inggris. Hari itu merupakan hari kesialan sekaligus hari bahagianya karna menelan kekalahan saat menjamu Chelsea dan terkena hukuman tidak boleh bertandingan selama 10 pertandingan karena mendapat hukuman usai menggigit lengan Ivanovic sewaktu pertandingan.  Namun dirinya tetap di nobatkan sebagai pemain terbaik oleh PFA yang bertepatan pada hari Minggu (27/04/2014) di Anfield.

Dirinya memang pantar terpilih sebagai pemenang penghargaan PFA pemain terbaik tahunan tersebut, karena dalam musim tersebut, dirinya telah bermain sangat gemilang dan banyak menciptakan gol sebanyak 31 gol dan menjadi topskor Liga Inggris Premier , dan menjadi top Assist nomor 2 dengan total 13 assist yang hanya selisih 1 assist dengan Steven Gerrard pada musim itu.

Dirinya juga mencatatkan sejarah baru di Club Liverpool dimana ia menjadi orang kedua yang berhasil mencetak lebih dari 30 gol dalam 1 musim saja setelah sejarah tersebut pertama kali di catatkan oleh Ian Rush pada musim 1983/1984 dengan total 34 gol saat itu.

7. Mohamed Salah Menjadi Pemain Terbaik Tahun 2017/2018

Musim lalu Mohamed Salah menjadi orang ke-7 yang mendapatkan Penghargaan PFA ( Pemain Terbaik Tahunan ) sebagai pemain Liverpool. Dirinya yang sempat kurang bersinar di liga inggris sewaktu berkostum Chelsea ini dan di pinjamkan ke As Roma pada bursa transfer musim 2015 lalu, kini berhasil bersinar kembali lagi di liga inggris yang sebelumnya dirinya memiliki peran penting di club As Roma asal Liga Italia Serie A sebelum memilih untuk hengkang ke Liverpool.

Namun di Club Liverpool dirinya semakin tenar dan bersinar, di awal musim debutnya dirinya telah mencatatkan 32 gol dari 38 pertandingan di Liga Inggri Premier dan mencatatkan total 44 gol di semua pertandingan bersama Liverpool.

Dari musim perdananya bersama Liverpool dirinya di banjiri banyak penghargaan dan salah satunya adalah penghargaan dari PFA (Gelar Penghargaan Pemain Terbaik Tahunan) juga mendapatkan beberapa penghargaan lainnya seperti Premier League Golden Boot (Penghargaan untuk top skor Liga Inggris Premier), Liverpool Player of the Year dan juga Premier League Player of the Season ( Penghargaan dari asosiasi sepak bola yang dituju untuk pemain yang terbaik di Liga Premier setiap musim).

8. Virgil Van Dijk Menjadi Pemain Terbaik Tahun 2018/2019

Virgil Van Dijk pesepakbola berdarah Belanda yang berkostum klub Liverpool FC tersebut resmi di tuju sebagai pemenang PFA (Pemain Terbaik Tahunan) musim ini karena penampilan yang sangat Impresif pada musim ini sebagai pemain bek Liverpool FC.

Dirinya di rekrut Liverpool dari Southampton dengan harga 75juta pounds dan menjadikannya sebagai salah satu bek termahal di dunia pada bursa transfer awal 2018. Harga selangit tersebut sebanding dengan peforma yang di tunjukkan oleh Virgil van Dijk dan memang pantas di beri gelar Player of The Year musim 2018/2019 ini oleh PFA (Professional Footballers Association).

 

Virgil Van Dijk berhasil kalahkan pilar Manchester City Sterling dan Juga Sergio Aguero termasuk juga rekan se-timnya yang juga sangat bersinar musim ini seperti Sadio Mane,Mohamed Salah, dan juga pemain bintang club liga Inggris premier lainnya seperti Chelsea yang memiliki Eden Hazard, Tottenham yang memiliki Harry Kane, Arsenal yang memiliki Aubameyang dan pemain top Liga Inggris Premier lainnya.

” Sulit untuk di ungkapnya “, Ungkap pernyataan Virgil van Dijk sewaktu sesi wawancara yang di kutip oleh SkySport.

” Saya bangga dan merasa ini adalah suatu kehormatan tertinggi, terpilih sebagai Pemain Terbaik Tahun ini, saya sangat senang dan merasa terhormat menerima ini” lanjutnya.

Beberapa Fakta Menarik Lainnya atas Penghargaan yang di tujukan PFA (Professional Footballers Association) kepada Virgil van Dijk sebagai Pemain Terbaik Musim 2018/2019 ini.

• Dirinya tercatat bermain 4.015 Menit di semua pertandingan pada musim 2018/2019 ini bersama Liverpool, dan 3.205 menit di seluruh pertandingan Liga Inggris Premier

• 3.262 kali sentuhan bola dan hanya 2 pemain chelsea yang melampauinya yakni Jorginho (3.398) dan Cesar Azpilicueta (3.276).

• 2.847 kali melakukan passing, dan Hanya Jorginho yang melampauinya.

• Berhasil melakukan penyelamatan di zona pertahanan dengan 240 kali buang bola untuk Liverpool dan jumlahnya 2kali lipat dibandingkan dengan saingannya yang paling mendekati yaitu Joel Matip yang hanya tercatat 92 kali.

• Tercatat masuk peringkat 5 besar dengan persentase 76,23% menang dari persaingan rebut bola lambung yang melayang di udara, berhasil catatkan 23 Clean sheet di seluruh pertandingannya

• Tampil 45 kali dari kemungkinan 48 pertandingan dan hanya kebobolan 20 gol ke gawang Liverpool selama musim ini di Liga Inggris Premier

• Berhasil meciptakan 5 gol dan juga 4 assist.

Kini Liverpool FC tengah berjuang di kompetisi Semi-Final Liga Champions melawan Barcelona, dan sedang berusaha untuk memimpin Puncak Klasemen Liga Inggris Premier yang kini berada di posisi kedua di bawah Manchester City yang hanya berselisih 1 point saja. Manchester City memuncaki klasemen sementara Liga Inggris Premier dengan peolehan 92 point, sedangkan Liverpool saat ini tercatat memperoleh 91 point pada pekan ke 36 ini.

 

DAFTAR PERMAINAN BOLA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top