Berita Bola Terbaru

Kisah Marc Klok Pemain Asing Milik PSM Makassar Yang Ingin Bela Timnas

on

Kisah Marc Klok pemain PSM Makssar yang menjadi salah satu pemain naturalisasi Indonesia, merupakan pemain asing yang bukan hanya lancar dalam berbahasa Indonesia tetapi dirinya juga tahu dialog Makassar.

Sebelum resmi jadi pemain naturalisasi Indonesia, Marc Klok rupanya sudah lancar berbahasa Indonesia dan memahami dialog Makassar.

Sedikit Informasi, Naturalisasi merupakan suatu proses perubahan status kewarganegaraan dari penduduk asing menjadi warga negara yang sah/resmi di suatu negara tertentu.

Cukup mengejutkan, karena Marc Klok belum sampai dua tahun berkaier di persepak bolaan Indonesia bersama PSM Makassar.

Dikutip oleh bolanewsports.com dari laman BolaSport.com, pemain asal Belanda itu gabung bersama PSM Makassar sejak April 2017.

Pada tahun 2017 itu adalah awal musim bergulirnya Liga 1, Liga sepakbola tertinggi yang atas di Indonesia.

Marc Klok menghabiskan masanya selama 2 musim bersama PSM Makassar dan hampir membawa PSM Makassar club yang berjulukan Juku Eja juara.

Meski belum sampai genap dua tahun berkarier di Indonesia, pemain asal Belanda yang merupakan kelahiran 20 April 1993 itu saat ini tengah dalam proses naturalisasi.

Dirinya berkeinginan agar bisa membela Timnas Indonesia di ajang internasional untuk meraih juara.

Dalam proses naturalisasinya, Marc Klok PSM Makssar sudah lancar dalam berbahasa Indonesia.

Sampai-sampai dirinya yang kini menginjak umur 26 tahun ternyata memahami dialog Makassar. Dirinya Mengaku baru saja mengerti dialog Bahasa Indonesia Makassar.

Dan bagi dirinya, dari berbagai dialog bahasa Indonesia yang ada di Indonesia, dialog Makassarlah yang paling mudah untuk di gunakan.

 

View this post on Instagram

 

. “Saya cinta PSM, saya cinta Makassar” – @marcklok #EwakoPSM

A post shared by PSM Makassar (@psm_makassar) on

“Terdapat beberapa dialog Bahasa Indonesia, saat ini menggunakan dialog Makassar paling mudah untuk saya. Ungkap Marc Klok.

“Akan Tetapi sewaktu orang jakarta bertanya pada saya, itu mesti pelan-pelan baru saya memahaminya,” Lanjut Marc Klok.

Dari hal tersebut, maka pemain binaan FC Utrech tersebut bisa berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia, bila saja lawan bicaranya tidak terlalu cepat.

“Sebab saya mesti menjalin komunikasi dengan pelatih, asisten, dan juga orang lain. Saya ingin belajar secara cepat,” ungkapnya lagi.

“Saat ini saya bisa berbahasa Indonesia, akan tetapi kalian mesti bertanya secara pelan-pelan,” sambungnya.

DAFTAR PERMAINAN BOLA

About reporterbola

Recommended for you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *